Dalam memilih spare part mobil tentunya kita tidak boleh sembarangan memilih. Terutama di zaman saat ini sudah banyak sekali cabang yang menjual spare part dengan model sama, tetapi merknya berbeda.

Ada juga yang menjual spare part dengan harga yang jauh lebih terjangkau, namun mempunyai usia pemakaian yang lebih pendek juga.

Maka dari itu, kita sebisa mungkin menghindari barang-barang yang tidak original seperti ini, bagaimanakah caranya? Simak berikut!

1. Ketahui ciri-ciri Spare Part Original

Sebelum mencari sparepart mobil yang original, tentunya kita harus lebih memahami lebih detail mengenai barang mana yang original dan barang mana yang tidak original.

Ketelitian adalah salah satu hal penting dalam mencari spare part yang original, misalnya pada spare part audio di mobil, anda perlu memperhatikan bagian kemasan pada spare part tersebut.

Biasanya, kemasan dari spare part yang asli dilengkapi dengan hologram atau berbagai stiker sebagai tanda bahwa barang ini berbeda dengan yang palsu.

Sedangkan, spare part yang palsu biasanya tidak dikemas dengan hologram. Tak hanya itu, biasanya spare part yang palsu juga terlihat lebih kasar saat dibuka atau dirasakan dibandingkan dengan yang asli.

Spare part yang asli tentunya akan dibuat permukaan yang halus dan bahan yang berkualitas tentunya.

Anda bisa melakukan riset terhadap katalog ataupun website resmi mobil yang Anda beli. Dengan begitu Anda bisa mengetahui brand tersebut menjual spare part mobil yang akan Anda butuhkan atau tidak.

2. Membeli Sparepart di Tempat Resmi

Setelah melakukan riset, tentunya belilah di tempat yang sudah resmi. Contohnya, Anda sudah mengetahui bahwa dealer resmi Suzuki tentu saja akan menjual barang perlengkapan atau spare part yang original.

Namun, meskipun begitu tentunya spare part yang original harganya akan relatif lebih mahal dibandingkan yang palsu. Akan tetapi, tentunya barang tersebut lebih berkualitas dibandingkan barang palsu.

Tak hanya kualitas yang baik, umur dari spare part Anda juga akan jauh lebih lama dibandingkan spare part yang palsu tersebut.

Selain itu, dari banyaknya pengujian tersebut tentunya selalu ada pengembangan hingga mencapai batas yang bisa dilakukan oleh para pekerja disana.

Hal ini terjadi karena spare part yang original atau resmi dari brandnya sudah melewati beberapa pengujian untuk memaksimalkan kualitas produk tersebut.

Contohnya Anda bisa mendatangi dealer resmi Suzuki di daerah tempat Anda tinggal jika Anda ingin membeli spare part original dari Suzuki.

3. Membeli Sparepart yang Bergaransi.

Adanya garansi yang resmi juga dapat menjadi faktor penting untuk menjamin kualitas kita dalam memilih spare part yang original.

Walaupun hal ini terlihat biasa saja, namun garansi terkadang juga bisa lebih menguntungkan diri kita sendiri.

Jadi, jika terjadi kerusakan pada spare part tersebut, Anda bisa langsung mengklaim garansi yang sudah Anda beli untuk diperbaiki tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Dengan adanya garansi pun kita bisa lebih mengindikasi bahwa spare part mobil yang kita beli adalah spare part original, yang tentunya jika spare part original pasti selalu ada garansi.

Tidak seperti spare part palsu yang dijual eceran di pasar atau lain sebagainya yang tidak ada jaminan garansi.

Nah, itulah 3 tips untuk memilih sparepart mobil original dengan mudah. Jangan pernah beli barang palsu atau KW yang membuat umur mobil anda semakin pendek dan tentunya hanya akan merugikan diri kita sendiri.