Membeli mobil bekas memang tak se gampang yang kita bayangkan. Karena, harus melewati proses yang tepat dulu. Ada berbagai keuntungan jika kita membeli mobil bekas di bandingkan membeli mobil baru.

Salah satunya kalian bisa langsung memakainya. Yang paling penting adalah harga jual mobil bekas tentu saja lebih murah dan tak perlu khawatir dengan harga pajak yang sangat mahal. Karena tiap tahunnya aka nada kemungkinan kalau pajak tahunan bisa berkurang tergantung kendaraan apa yang di miliki.

Namun, sebelum membeli mobil bekas ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dulu supaya tak tertipu. Apa saja? yuk simak di bawah ini.

1.Cek Kondisi Kelengapan Aksesoris dan Interior Mobil

Saat kalian akan melakukan pemeriksaan kondisi mobil, mulailah dengan memeriksa bagian interior mobilnya. Ada banyak komponen interior yang fungsinya perlu di cek. Contohnya system audio, switch lampu, dan AC.

Pastikan juga semua fiturnya bisa berfungsi dengan baik terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman. Sesudahnya, perhatikan pula kondisi interior mobil. Cobalah duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa plafon, karpet, dan kondisi interior. Perhatikan juga bau interiornya.

2.Lakukan Survei Secara Langsung

Survey bisa kalian lakukan ke tempat dealer secara offline. Hal ini akan mempermudah kalian untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Ada baiknya, kalau hanya memeriksa ketersediaan lewat website atau secara online, ada potensi yang cukup tinggi kalau kalian akan di tipu. Itulah kenapa, mengecek secara online dan offline untuk memverifikasi ketersediaan mobil yang ada bisa kalian lakukan.

3.Cek Kondisi Eksterior

Kalian harus memperhatikan setiap komponen dari bodi mobil apakah masih kelihatan dan bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa juga untuk perhatikan kalau ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tak merata.

Pastikanlah semua komponen bodi masih dalam keadaan yang lengkap. Detail lainnya yang biasa terlewat adalah pengecekkan pada celah bodi dan kondisi ruang mesin dan juga kolong mobil.

4.Tanyakan Performa Mesin

Mesin adalah salah satu bagian yang penting dari proses pengecekkan, cek performa ini harus di lakukan dengan teliti dan cermat. Periksakan secara menyeluruh apakah ada kebocoran oli di blok mesin atau komponen lain.

Setelahnya kalian bisa lakukan test drive kalau showroom atau dealer atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut dulu.

5.Teliti Siapa Penjualnya Sebelum Beli

Pembeli mobil bekas biasanya tak sabar dan cenderung terburu – buru dalam mencari mobil yang sudah mereka incar. Padahal yang bagus adalah mencarinya dengan teliti dan sabar. Hal ini di lakukan supaya pembeli mendapatkan mobil bekas yang prima serta sehat.

Selain itu, pembeli juga harus teliti kepada identitas penjualnya sebelum melakukan transaksi. Karena, ada kemungkinan terjadinya penipuan entah uang di bawa kabur atau ada kejahatan lainnya. kalau memang merasa cocok dengan mobil yang di incar ada baiknya kalian menjalin hubungan dengan penjual untuk memverifikasi informasi mobil yang di cari.

Karena, ada juga beberapa mobil yang di titipkan ke dealer. Itulah kenapa, cobalah cek dulu kenapa mobil ini di jual, kenapa di titipkan, dan lain – lain. Kalian juga bisa langsung bernegosiasi dengan si penjual tapi pastikan kalian lihat dulu mobil yang diincar baru lakukan penawaran.

Itulah beberapa tips membeli mobil bekas yang harus kalian tahu. Semoga bermanfaat.