Lampu sepeda motor harus selalu diperhatikan agar dapat berfungsi dengan baik karena lampu sepeda motor yang padam sangat berbahaya terutama bila sepeda motor digunakan dalam kondisi minim cahaya seperti pada malam hari atau saat hujan. Nah, berikut ini penyebab umum lampu sepeda motor mati, bagaimana cara memperbaikinya dan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika lampu sepeda motor rusak atau pecah.

Adanya korsleting pada kabel

Kabel yang korsleting dapat menjadi penyebab umum lampu sepeda motor yang rusak. Kabel yang putus dapat menyebabkan korsleting sehingga menyebabkan arus listrik ke lampu menjadi tidak stabil. Saat arus listrik tidak stabil, maka lampu mesin akan selalu putus atau rusak walaupun sudah mencoba menggantinya dengan lampu yang baru.

Kualitas bohlam yang kurang baik

Banyak orang mengira bahwa lampu bohlam murah yang banyak tersedia di bengkel bisa digunakan untuk menggantikan lampu mati pada sepeda motor. Padahal, setiap sepeda motor memiliki standar lampu yang berbeda-beda. Maka dari itu bohlam yang diganti sering putus.

Soket lampu motor kualitasnya kurang bagus

Dudukan lampu sepeda motor juga banyak tersedia di bengkel dengan harga murah, sehingga orang mengira dudukan lampu murah juga bisa digunakan untuk menggantikan dudukan lampu pabrikan yang rusak.

Lampu Terkena Atau Kemasukan

Ini biasanya terjadi saat musim hujan tiba, apalagi jika rumah lampu tidak sekencang dulu. Rumah lampu yang longgar ini memudahkan masuknya air. Apalagi jika air ini masuk ke reflektor, bisa menyebabkan lampu depan sepeda motor pecah atau padam.

Terdapat karat atau tersumbat di Saklar

Saklar merupakan bagian yang berguna untuk mengalirkan arus listrik dari baterai ke bohlam untuk menyalakan lampu check engine. Nah, jika saklar ini jarang dibersihkan bisa menyebabkan kotoran menyumbat atau berkarat. Kotoran dan karat ini dapat menyebabkan aliran listrik tidak stabil sehingga menyebabkan lampu sepeda motor sering putus.

Fitting atau dudukan lampu yang sudah rusak

Soket bohlam atau soket bohlam yang rusak dapat menyebabkan bohlam mesin sering pecah. Soket yang rusak biasanya agak longgar. Sehingga ketika terjadi getaran, soket lampu ini akan menyebabkan sambungan kabel tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik dan lampu akan lebih cepat putus.

Penggunaan sistem AHO pada lampu motor

Sistem Automatic Headlight On atau AHO adalah sistem yang terpasang pada lampu depan sepeda motor agar lampu depan tetap menyala. Tentu saja, penggunaan lampu ini secara terus-menerus memperpendek umur lampu, sehingga lampu harus diganti jika rusak.

Spul motor mulai rusak

Tenaga listrik dialirkan ke kumparan untuk menggerakkan komponen-komponen mesin yang membutuhkan tenaga listrik, salah satunya adalah lampu mesin.jika salah satu kumparan rusak dapat menggangu aliran listrik,sehigga lampu pada motor lebih cepat putus

Pengisian aki yang berlebih

Beban berlebih ini dipastikan akan mengalirkan arus pada tegangan yang terlalu tinggi, yaitu pada kisaran 14,55-15,5V. Arus listrik yang berlebihan ini menyebabkan lampu mesin lebih cepat rusak dan merusak komponen lain seperti reel dan kiprok.

Kiprok yang sudah rusak

Sebagai komponen untuk menyalakan aki mesin dari alternator atau koil, Kiprok yang rusak tentunya akan menghambat arus listrik di bagian lampu mesin, Arus listrik bisa menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan lampu mesin lebih cepat rusak.

Nah inilah contoh 10 Penyebab Lampu Motor Sering rusak